Menuju Perubahan Indonesia dengan Keberhasilan Sensus Penduduk 2020


Menuju Perubahan Indonesia dengan Keberhasilan
 Sensus Penduduk 2020



Sensus penduduk adalah pengumpulan data atau informasi yang dilakukan terhadap seluruh penduduk yang tinggal di wilayah teritorial Indonesia yang dilaksanakan pada tahun yang berakhiran angka 0. Adapun data yang dikumpulkan pada sensus penduduk yaitu nama, umur, jenis kelamin, pendidikan, agama, kewarganegaraan, pekerjaan, dan tempat lahir. Di Indonesia, sensus penduduk sudah dilakukaan 6 kali yaitu  1961, 1971, 1980, 2000, dan 2010. Pada tahun 2020 ini, sensus penduduk yang ketujuh akan dilaksanakan yang melibatkan BPS, Pemerintah, dan seluruh masyarakat Indonesia yang diharapkan ikut berpartisipasi dalam menyukseskan sensus peduduk 2020(SP 2020).
  
Untuk keberhasilan SP 2020, BPS telah banyak melakukan persiapan dengan tujuan untuk menuju satu data kependudukan Indonesia. Untuk melaksanakan SP 2020 ada 3 tahap pengumpulan data yaitu Sensus Penduduk Online (SP Online) di bulan Februari - Maret 2020, Sensus Penduduk Wawancara (SP Wawancara) di bulan Juli 2020, dan Pencacahan Sampel di bulan Juli 2021. SP 2020 yang akan dilaksanakan terdapat beberapa perbedaan dibandingkan SP 2010 salah satunya yaitu sensus penduduk 2020 menggunakan data administrasi kependudukan dari ditjen dukcakpil sebagai basis data dasar yang kemudian dilengkapi pada saat pelaksanaan SP 2020. Pengumpulan data SP 2020 dilakukan dengan tiga cara, yakni Computer Aided Web Interviewing (CAWI), Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI) dan Pencil and Paper Interviewing (PAPI).

SP 2020 sangat penting untuk dilakukan. Data kependudukan yang dihasilkan dari SP 2020 akan banyak membawa perubahan dalam hal pembangunan di Indonesia terutama untuk penyusunan perencanaan yang benar, dimanfaatkan untuk penyempurnaan data administrasi kependudukan yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri sebagai wujud dari percepatan pengembangan statistik hayati, sebagaimana tertuang dalam Perpres 62 Tahun 2019, dan juga untuk mecapai tujuan menuju satu data kependudukan Indonesia. Dengan peningkatan pembangunan yang dilakukan pemerintah akan dirasakan kenikmatannya oleh masyarakat. Selain itu, data hasil SP 2020 dapat digunakan oleh para stake holder dalam melakukan perencanaan atau mengambil kebijakan dan adapun bagi mahasiswa dapat menggunakan data tersebut sebagai acuan data dalam proses pembelajaran ataupun dalam penyusunan karya ilmiah.

Menyadari pentingnya keberhasilan sensus penduduk 2020 dibuktikan dari persiapan BPS Pusat yang sudah dilakukan beberapa tahun sebelumnya, didukung dari BPS di seluruh provinsi yang ada di Indonesia, dan dukungan pemerintah dalam hal menganjak pastisipasi penduduk Indonesia yang disampaikan oleh presiden Joko Widodo dalam arahan pada acara Pencanangan Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 yang mana penduduk Indonesia dengan mudah dapat berpartisipasi dalam sensus penduduk secara online yang dilaksanakan pada februari-maret 2020. Banyak dukungan dari BPS provinsi terhadap pelaksanaan sensus penduduk 2020 yang tidak lama lagi dilakukan, diantaranya dilakukan sosialisasi tentang sensus penduduk di pasar-pasar dengan memberikan leaflet dan juga tanya jawab mengenai SP 2020, sosialisasi tidak hanya dilakukan di pasar-pasar namun ada juga BPS Provinsi yang datang ke perguruan tinggi untuk memberikan pengetahuan tentang sensus penduduk 2020, dan juga memanfaatkan teknologi di zaman sekarang melalui media social yang dapat dlihat di instagram, youtube, dll yang berupa video senam SP 2020, video kreatif yang mengisahkan pentingnya partisipasi masyarakat dalam memberikan datanya pada SP 2020 yang akan dilakanakan, dan tayangan-tayangan yang berkaitan dengan SP 2020.

Sensus penduduk yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 ini akan menghasilkan data kependudukan yang akan memberikan banyak manfaat bagi pemerintah dalam hal membangun Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. SP 2020 yang telah lama direncanakan oleh BPS yang bertujuan  untuk melaksanakan amanat dari PP RI Nomor 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik dan sepenuhnya didukung oleh presiden salah satunya dalam arahan terkait acara Perencanaan Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Oleh karena itu, untuk menyukseskan SP 2020 ini dibutuhkan partisipasi masyarakat dalam hal memberikan data yang valid yang mana dengan mudah dapat dilakukan melalui SP Online ataupun pada saat pendataan langsung oleh petugas. Data valid yang kita berikan berperan besar untuk membangun Indonesia . 


Komentar

  1. Did you hear there is a 12 word sentence you can say to your man... that will trigger deep emotions of love and impulsive attractiveness to you deep within his heart?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, please and guard you with his entire heart...

    12 Words Will Trigger A Man's Love Impulse

    This impulse is so hardwired into a man's mind that it will drive him to work better than before to build your relationship stronger.

    As a matter of fact, fueling this powerful impulse is absolutely binding to achieving the best possible relationship with your man that the second you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will instantly find him expose his heart and mind for you in such a way he haven't experienced before and he'll see you as the only woman in the galaxy who has ever truly appealed to him.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer